Rabu, 05 Desember 2012

Cara Menghemat Baterai Laptop Biar Tidak Cepat Habis

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Cara Menghemat Baterai Laptop Biar Tidak Cepat Habis | Sebelumnya saya sudah sempatkan untuk share Tips Cara Merawat Baterai Laptop Lengkap di blog ini. Sekarang saya kembali share Cara Menghemat Baterai Laptop Biar Tidak Cepat Habis sehingga kita bisa sama-sama tahu bagaima cara menghemat baterai Laptop sehingga bisa awet dan lama digunakan.

Mungkin setiap sobat memiliki cara tersendiri untuk menghemat baterai Laptop sobat. Tapi apa salahnya jika saya mencoba untuk share juga, siapa tahu saja kita bisa saling bertukan pendapat sobat. Baiklah, tidak perlu panjang lebar lagi, buat sobat yang membutuhkan Cara Menghemat Baterai Laptop Biar Tidak Cepat Habis, silahkan langsung saja disimak, cekidot...

Cara Menghemat Baterai Laptop Biar Tidak Cepat Habis :

1. Matikan Wireless Card Jika Tidak Diperlukan
Wireless Card (Wi-Fi) sangat menguras habis power (listrik) dari baterai Laptop, bahkan ketika sobat tidak terkoneksi dengan koneksi Wi-Fi. Sebaiknya jika memang tidak sedang dibutuhkan (digunakan), matikan saja Wireless Card Laptop sobat.

2. Gunakan Sleep Mode
Proses dinyalakannya Laptop cukup memakan banyak power baterai. Untuk mengakalinya, sobat bisa menggunakan sleep mode saat mematikan Laptop. Ketika Laptop berada di sleep mode, Laptop menggunakan energi baterai yang sangat rendah. Semua file dan program yang sedang terbuka akan disimpan di memori sementara. Ketika sobat menyalakannya lagi, file dan program tersebut akan langsung siap untuk digunakan. Selain menghemat waktu, sleep mode juga bisa menghemat penggunaan baterai. Tetapi ingat, trik ini hanya efektif jika sobat berencana menggunakan Laptop beberapa waktu setelah Laptop dimatikan. Jika sobat ingin mematikan Laptop dalam jangka waktu lama, gunakan menu shutdown seperti biasa.

3. Lakukan Pengaturan Power-Savings
Hampir di setiap sistem operasi pasti ada menu pengaturan power-savings. Aturlah setiap fitur power-savings tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan sobat. Misalnya kapan layar akan diredupkan atau dimatikan, kapan hardisk akan dimatikan, dan lain sebagainya. Pengaturan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisa membuat baterai Laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

4. Turunkan Brightness Layar
Brighthness (ecerahan layar) Laptop memakan cukup banyak power baterai. Menurunkan Brightness layar Laptop walaupun satu atau dua level bisa membuat baterai laptop sobat lebih awet.

5. Bersihkan Laptop Secara Teratur
Banyak pengguna Laptop yang malas membersihkan Laptopnya. Hal ini seringkali membuat lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu dan lain sebagainya. Tersumbatnya lubang ventilasi ini membuat Laptop cepat panas dan memaksa fan (kipas) bekerja lebih keras. Tentu saja ini membuat baterai Laptop sobat lebih cepat habis. Untuk menghindarinya, pastikan sobat rajin membersihkan Laptop terutama di daerah lubang ventilasinya.

6. Bersihkan Baterai
Kutub baterai seringkali kotor karena berbagai debu dan kotoran. Hal ini bisa mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Bersihkan bagian logam kutub baterai dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol.
7. Tutup Program yang Tidak Perlu
Seringkali kita membuka banyak program yang tidak kita gunakan. Bahkan mungkin ada juga berbagai proses yang tidak kita butuhkan berjalan secara background. Mematikan program dan proses yang tidak perlu tersebut bisa membantu mengurangi penggunaan baterai Laptop secara signifikan.

8. Defrag Hardisk
File yang terfragmentasi membuat hardisk bekerja dengan lebih keras. Hardisk harus menemukan file yang terpecah tersebut dan menyatukannya ketika diakses. Hasilnya, hardisk akan memerlukan power baterai yang lebih besar. Untuk mengatasinya, sobat bisa melakukan defrag hardisk ketika Laptop sobat sedang terhubung dengan power listrik. Ingat, jangan melakukan defrag saat laptop tidak terhubung dengan listrik. Proses defrag memerlukan power yang cukup besar dan bisa membuat power baterai Laptop habis dalam waktu singkat.

9. Cabut Perangkat USB
Pastikan sobat mencabut perangkat USB yang sudah tidak dibutuhkan. Misalnya saja sobat mengcopy file dari flashdisk atau hardisk ekternal, cabut perangkat tersebut sesaat setelah mengcopy file. Setiap perangkat USB membutuhkan power dan bisa membuat baterai laptop sobat cepat habis.

10. Hindari Menggunakan CD/DVD
CD/DVD-ROM sangat haus akan power baterai. Jika memang tidak dibutuhkan, sebaiknya sobat tidak menggunakan CD/DVD-ROM. Pastikan juga tidak ada CD/DVD yang tertinggal di dalam CD/DVD-ROM walaupun kamu tidak menggunakannya.

Semoga dapat memberikan manfaat, salam .:: ashtho software easy ::.

Wassalam . . .

Sumber : http://www.pusatgratis.com/tutorial/10-cara-menghemat-baterai-laptop-agar-tidak-cepat-habis.html

Terkait

Description: Cara Menghemat Baterai Laptop Biar Tidak Cepat Habis Rating: 4.5 Reviewer: Anonim ItemReviewed: Cara Menghemat Baterai Laptop Biar Tidak Cepat Habis
Al
Mbah Qopet Updated at: 08.30

0 komentar:

Posting Komentar