Minggu, 03 November 2013

Curhatan Sahabat Yang Penipu

Salah satu sahabat kami, sebut saja namanya Putri bercerita bahwa dia punya sahabat yang care, baik dan menyenangkan. Satu hal yang agak mengganggu adalah kebiasaan sahabatnya yang suka berbohong. Tidak hanya sekali dua kali, tapi berkali-kali. Kadang.. sahabatnya itu menceritakan rahasia-rahasia Putri pada orang lain. Sahabat Putri juga suka bohong padanya.


"Dia baik banget, tapi ya itu, suka bohong. Dia sering menceritakan rahasia-rahasia saya pada orang lain. Dia juga membuat saya seolah jadi orang yang tidak bisa dipercaya. Harus bagaimana ya? Dijauhi atau bertahan?"

 tips-tips Agar Bisa tetap berteman :

Lindungi Diri Anda

Jika Anda masih ingin bertahan bersahabat dengannya, maka cara terbaik adalah melindungi diri Anda. Jika dia suka menceritakan hal-hal pribadi dan rahasia tentang Anda, maka jangan percaya dia akan menjaga rahasia apapun. Jangan terlalu berharap dia akan menghentikan kebiasaan berbohongnya, Andalah yang harus melindungi diri sendiri agar tidak menjadi korban kebohongannya.

Mengapa Dia Berbohong?

Sangat mungkin ada alasan kuat mengapa seseorang berbohong. Misalnya saja dia bercerita pernah tinggal di kota mana, pernah pergi ke sini, pacaran dengan si ini, tapi ternyata itu semua hanya kebohongan semata. Anda bisa bicara empat mata dengannya, mengapa dia sampai berbohong. Bisa jadi dia punya alasan kuat di balik itu, entah dia ingin terlihat mewah, ingin diterima lingkungan dan sebagainya. Tempatkan diri Anda dalam posisinya.

Anda Boleh Kecewa

Dibohongi adalah hal yang menyakitkan. Anda boleh menunjukkan sikap kecewa pada sahabat akibat kebohongan yang dia lakukan. Menunjukkan rasa kecewa karena dibohongi bisa membuat dia menyadari bahwa tindakannya salah, dan semoga saja dia tidak melakukan hal yang sama. Namun Anda tetap harus berhati-hati, kembali pada poin nomor 1.

Kalaupun Anda sangat terganggu dengan kebiasaan berbohongnya, Anda bisa menjauhinya pelan-pelan. Dan jelaskan padanya bahwa Anda sangat terganggu dengan kebohongan yang sering dia lakukan.

Anda pernah punya pengalaman yang sama? Silakan bagi bagaimana cara Anda menghadapi sahabat yang suka berbohong.

Terkait

Description: Curhatan Sahabat Yang Penipu Rating: 4.5 Reviewer: ConnectPlus ItemReviewed: Curhatan Sahabat Yang Penipu
Al
Mbah Qopet Updated at: 02.26

0 komentar:

Poskan Komentar