Senin, 22 Juli 2013

Makanan Peningkat Sistem Imun



Yogurt
Produk susu yang difermentasi atau biasa disebut dengan yogurt kaya akan probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik. Probiotik tersebut membantu sistem pencernaan dan menurunkan gejala penyakit flu dan pilek. Pilih yogurt sebagai asupan probiotik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Teh hitam atau teh hijau
Baik teh hitam maupun hijau kaya akan polifenol dan antioksidan yang membantu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Penelitian terbaru pun menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hijau mampu menghambat replika virus, sehingga membantu tubuh bertahan dari penyakit pilek dan flu. Selain itu, studi di Harvard membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi lima cangkir teh setiap hari mampu meningkatkan kadar senyawa dalam tubuh yang berperan dalam menangkal infeksi virus. Manfaat teh hijau lain juga bisa Anda simak di sini.

Bawang putih
salah satu bumbu dapur yang satu ini berpotensi sebagai pencegah penyakit dan peningkat sistem imun tubuh. Senyawa dalam bawang putih juga dipercaya sebagai agen antivirus dan antibakteri. Penelitian di Inggris bahkan menemukan orang-orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur akan mengurangi risiko dua per tiga lebih rendah untuk terserang flu daripada mereka yang menjalani efek plasebo. Namun ingat bahwa bawang putih utuh lebih baik dikonsumsi daripada bawang putih dalam bentuk suplemen atau olahan lain.

Buah oranye berdaging tebal
Labu, ketela rambat, dan buah berwarna oranye dengan daging tebal lainnya kaya akan beta karoten yang membantu tubuh untuk membentuk vitamin A. Diet beta karoten akan melindungi sistem imun tubuh dan memastikan Anda untuk mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan. Vitamin A sendiri baik bagi kesehatan kulit, dimana kulit merupakan benteng utama masuknya kuman penyakit.

Tiram
Tiram memang bukan hal pertama yang sering terlintas dalam pikiran orang-orang ketika terserang flu. Namun tiram kaya akan zinc yang berperan dalam mengembangkan sel darah putih untuk melawan kuman penyakit. Meskipun demikian, Anda juga sebaiknya membatasi asupan tiram, sebab konsumsi tiram yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh.

Jaga kesehatan Anda dan tingkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan tersebut di atas sesuai dengan yang dibutuhkan!

Terkait

Description: Makanan Peningkat Sistem Imun Rating: 4.5 Reviewer: ConnectPlus ItemReviewed: Makanan Peningkat Sistem Imun
Al
Mbah Qopet Updated at: 05.10

0 komentar:

Posting Komentar